Nusantara

BNNP Banten Musnahkan 500 Gram Sabu

INDOPOSCO.ID – Barang bukti sabu seberat 500,289 gram hasil sitaan, dimusnahkan olh Badan Nrkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten, Kamis (3/6/2021).

Barang haram itu merupakan barang bukti sitaan dari seorang kurir berinisial MI (65) berasal dari Aceh, yang ditangkap di terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada 25 April 2021.

“Penangkapan berawal dari informasi masyarakat bahwasanaya akan ada oran yang akan membawa narkotika jenis sabu dari Medan menuju Jakarta,” kata Kepala BNNP Banten Brigjen Hendri Marpaung.

Brigjen Hendri mengatakan, modus yang dilakukan pelaku dengan menyembunyikan dua paket sabu di dalam sandal dan diinjak. Hal itu dilakukan untuk mengelabui petugas.

“Jadi modus ini sudah lama, cuma biasanya dia di sepatu, ini jadi sandal. Jadi mungkin mau mengelabui petugs karena kalau sandal petugas nggak akan curiga, tapi petugas kita tetap jeli, tetap kita periksa, setelah diperiksa sepatunya itu ada 500 gram ini,” ungkapnya.

Dari pengakuannya, pelaku mendapatkan imbalan Rp10 juta hingga Rp20 juta dalam sekali aksinya.

“Pengakuan masih satu kali, tapi saya pikir orang yang begini sudah pernah melakukan, orang yang belum pernah melakukan pasti nggak berani. Apalagi barang begini, cukup banyak setenga kilogram,” paparnya.

Dari pengungkapan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 500,289 gram ini, dapat menyelamatkan 2001 generasi penerus Bangsa.

Pelaku dijerat Pasal 114 ayat (2) atauuu Pasal 112 ayat (2) JO PAsal 132 ayat (1) Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (son)

Sponsored Content
Back to top button