Nasional

BMKG Ramalkan Cuaca Ekstrem Landa Wilayah-Wilayah Ini

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia akan terjadi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang.

Wilayah yang berpotensi tersebut di antaranya Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan.

Lalu, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

“Wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat/ petir dan angin kencang lainnya adalah Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Selatan, Maluku Utara dan wilayah berpotensi angin kencang di Nusa Tenggara Timur,” bunyi peringatan dini dilangsir dari laman resmi BMKG, Rabu (14/7/2021).

BMKG memperkirakan sirkulasi siklonik terpantau di Laut Cina Selatan, Filipina bagian Selatan dan Selat Makassar yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut Natuna, di Selat Makassar bagian Selatan hingga Kalimantan Selatan dan Laut Banda hingga Sulawesi Selatan bagian Utara.

Serta membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di Selat Malaka di Laut China Selatan dan Laut Suku.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh bagian Selatan, dari Riau hingga Laut Natuna, di Selat Karimata, dari Bengkulu hingga perairan Barat Daya Lampung, di Laut Jawa bagian Barat hingga Kepulauan Bangka, dari Laut Jawa bagian Timur hingga Kalimantan Tengah bagian Selatan.

Kemudian di Jawa Timur, dari Laut Timor hingga NTT bagian Timur, dari Teluk Tomini hingga Laut Sulawesi, dari Papua hingga Papua Barat dan di perairan Utara Papua.

“Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi,” terang BMKG. (nas)

Sponsored Content
Back to top button