Ekonomi

BKPM Petakan Sektor Berpotensi Tumbuh Positif pada Tahun Mendatang

INDOPOSCO.ID – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memetakan sektor-sektor yang berpotensi untuk tumbuh positif pada tahun-tahun mendatang dengan memperhatikan tingkat risiko serta berdampak tinggi yang diproyeksikan bisa produktif dan relatif aman dalam investasi.

“Kami berkolaborasi dengan Bank Indonesia memetakan sektor mana saja yang bisa tumbuh dengan baik ke depan, kita bagi dengan risiko rendah dan medium, serta dampak yang tinggi dan medium dan akhirnya menghasilkan dua prioritas,” kata Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro BKPM Indra Darmawan dalam webinar tentang yang dipantau di Jakarta, Rabu (3/3/2021), dilansir Antara.

Dia mengatakan BKPM membagi sejumlah sektor dengan kategori risiko renda berdampak medium, risiko rendah berdampak tinggi, risiko medium berdampak medium, dan risiko medium berdampak tinggi. Dampak ekonomi yang dinilai adalah deviasi, pertumbuha, multiplier output, dampak tenaga kerja, dan nilai tambah.

Dari keempat kategori tersebut kemudian menghasilkan dua kategori prioritas, yaitu prioritas I terdapat enam sektor dan prioritas II terdapat 15 sektor yang diperkirakan akan memiliki pertumbuhan yang produktif.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button