Nusantara

BKD Banten Bantah Ada Perekrutan Guru Non ASN untuk Sekolah Negeri

INDOPOSCO.ID – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten membantah adanya perekrutan baru guru non Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ditempatkan di sekolah negeri (SMA/SMK/SKh) di bawah kewenangan Provinsi Banten.

“Yang kami lakukan itu adalah verifikasi guru non ASN, apakah sesuai kualifikasi atau tidak, baik itu terkait kompetensi, latar belakang pendidikan maupun terkait kepribadiannya,” ujar Kepala BKD Banten, Komarudin kepada Indoposco.id, Senin (20/9/2021).

Komarudin menegaskan, verifikasi itu dilakukan untuk selanjutnya mendapat surat keputusan (SK) dari gubernur agar para guru non ASN bisa mendapat sertifikasi.

“Guru atau pegawai honoror itu diatur dalam Permendikbud harus mendapat SK Gubernur sebagai kepala daerah supaya bisa disertifikasi. Kalau harus mendapat SK Gubernur berarti urusan BKD,” ujarnya.

Menurut Komarudin, kalau kepala sekolah diberikan kesempatan untuk mengusulkan, itu niat baik BKD saja.

“Kalau mereka (kepala sekolah) mengusulkan 10 orang, yang terverikasi 8 orang, terus apa salahnya? Terus apa kewenangan kepala sekolah mengusulkan itu,” tegasnya.

Lebih jauh, Komarudin mengungkapkan, tahun lalu (2020), guru non ASN yang terverifikasi dan sudah mendapat SK Gubernur sebanyak 5.000 orang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button