Headline

Biogas Didorong sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong pemanfaatan biogas menjadi penggerak aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat bidang energi berkelanjutan, mengingat potensi sumber daya alamnya melimpah di Indonesia.

“Dengan potensi besar, kami mendorong percepatan transisi menuju pembangunan bioekonomi rendah karbon, salah satunya dengan pemanfaatan biogas berkelanjutan,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Sebagai negara dengan iklim tropis basah, lanjut dia, Indonesia tentu memiliki potensi besar dalam hal pengembangan biogas.

Teknologi sederhana ini menghasilkan gas metana melalui aktivitas anaerobik yang mendegradasi bahan-bahan organik, seperti kotoran, limbah domestik rumah tangga, limbah pertanian, maupun limbah peternakan.

Selain metana yang bisa dimanfaatkan untuk memasak, biogas juga bisa menghasilkan listrik melalui metode konversi.

Pemerintah, kata dia, akan terus mendukung pengembangan biogas untuk sektor rumah tangga karena program ini mendorong akses energi bersih yang terjangkau, mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk pembelian bahan bakar dan pemberdayaan gender.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button