Headline

Bila Stok Dalam Negeri Cukup, Presiden Jokowi Izinkan Ekspor Beras

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo mempersilakan pelaksanaan ekspor beras apabila kebutuhan dalam negeri sudah tercukupi.

“Dihitung betul beras kita, kalau memang berlebih serta mampu kita ekspor ya ekspor saja,” tutur Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor seperti dikutip Antara, Sabtu (14/8/2021).

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam acara “Pelepasan Ekspor Merdeka Pertanian” yang dilakukan melalui “video conference” yang tersambung dengan 17 pintu pelabuhan “Merdeka Ekspor”.

“Tadi juga disampaikan oleh Pak Menteri Pertanian sudah dimulai ekspor beras ke Saudi. Sekali lagi dikalkulasi dihitung, kalau benar-benar stok yang ada itu benar-benar cukup untuk kebutuhan dalam negeri dulu, artinya kepentingan dalam negeri didahulukan jika ada sisa silakan diekspor,” ujar Presiden.

Sebelumnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan salah satu produk ekspor yang dilepas merupakan beras ke Arab Saudi. Masih ada juga ekspor daging ayam potong ke Jepang, Timor Leste, Qatar dan Uni Emirat Arab.

“Pasar dalam negeri dan luar negeri harus terus kita perkuat. Di dalam negeri harus kita ajak masyarakat untuk mencintai serta membeli hasil-hasil pertanian kita sendiri serta mengkonsumsi pangan yang sehat, produksi bangsa kita sendiri,” imbuh Presiden.

Sedangkan untuk pasar luar negeri juga digarap intensif serta terintegrasi, terpadu serta mulai masuk ke pasar-pasar negara non-tradisional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button