Nusantara

Biaya Sewa Aquarium dan Ikan Hias Pemkot Serang Disorot, Jumlahnya Bikin Ngilu

INDOPOSCO.ID – Pengadaan sewa aquarium dan ikan hias beserta pakannya di Pemerintahan Kota (Pemkot) Serang menjadi sorotan. Pasalnya, angka sewa menelan harga hingga Rp206 juta.

Pengadaan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) itu, dibongkar oleh Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Serang.

Anggota bidang Kajian, Aksi dan Advokasi HMI MPO Cabang Serang, Ahmad Fauzan, mengatakan, ada beberapa kegiatan tidak prioritas dalam postur APBD 2021 Kota Serang. Seperti perjalanan dinas ke luar daerah, hingga pengadaan ikan hias.

“Terdapat 20 kegiatan perjalanan dinas ke luar kota dengan nilai total sebesar Rp 1.015.418.000. Lalu ada anggaran untuk sewa rumah dinas pimpinan daerah sebesar Rp572 juta dan juga pengadaan sewa akuarium ikan hias beserta isi dan pangannya dengan total Rp206 juta,” katanya kepada INDOPOSCO.ID, Senin (26/7/2021)

Ia mengaku, tidak ditemukan anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 dalam penelusurannya di APBD. Hanya terdapat dua kegiatan pengadaan untuk pendukung percepatan vaksinasi dengan anggaran di bawah Rp20 juta.

“Menurut kami ini sangat tidak merakyat dan tidak mengedepankan sense of humanity. Karena di saat masyarakat dilarang bepergian, pejabat Kota Serang malah disiapkan anggaran miliaran rupiah untuk pelesiran berkedok perjalanan dinas,” ungkapnya.

Menurutnya, jika memang Pemkot Serang beranggapan pandemi akan usai pada 2021, seharusnya yang menjadi fokus anggaran Pemkot Serang adalah pemulihan ekonomi masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button