Ekonomi

Biak Numfor Siap Jadi Lumbung Ikan Nasional

INDOPOSCO.ID – Kabupaten Biak Numfor, Papua tengah dipersiapkan pemerintah untuk bisa masuk program Lumbung Ikan Nasional (LIN) menyusul Maluku dan Maluku Utara. Hal ini sebab potensi kelautan dan perikanannya sangat melimpah.

Potensi perikanan Biak Numfor melalui Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) titik 717, mencapai 1.054,7 ribu ton per tahunnya dengan potensi produksi perikanannya mencapai 144,9 ribu ton atau berkontribusi sebanyak 13,7 persen.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Maritim dan Investasi, Safri Burhanuddin dalam rapat koordinasi (rakor) untuk membahas kesiapan Kabupaten Biak Numfor mengungkapkan perlu upaya pengembangan potensi perikanan dan kelautan di Biak Numfor.

“WPPNRI 717 ini berada di utara Provinsi Papua, kita belum fokus untuk mengembangkan hal ini, padahal mereka punya potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar. Ikan pelagis besar, seperti ikan tuna mata besar, madidihang, dan cakalang sangat besar potensinya di sini dan populasinya masih dalam kategori tidak overfished (ditangkap berlebihan),” kata Safri Burhanuddin seperti dikutip Antara, Sabtu (17/4/2021).

Untuk mendukung potensinya yang besar itu, pemerintah berencana untuk melakukan optimalisasi Pelabuhan Biak dan Bandara Frans Kaisiepo yang nantinya digunakan untuk melakukan ekspor produk kelautan dan perikanan dari Biak Numfor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button