Ekonomi

BI: Pentingnya Sinergi Wujudkan EKSyar

INDOPOSCO.ID – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menegaskan pentingnya sinergi sebagai kunci sukses untuk mewujudkan ekonomi keuangan syariah (EKSyar).

“Sinergi berjamaah adalah kunci sukses untuk kita membangun perekonomian kita, memajukan ekonomi keuangan syariah termasuk memperluas peran perempuan berkontribusi dalam perekonomian dan keuangan syariah,” kata Perry dalam seminar virtual nasional Srikandi Ekonomi Syariah Bersinergi Mendukung Pemulihan Ekonomi di Jakarta melalui Antara, Rabu (21/4/2021).

Bank Indonesia, kata dia, selalu berjamaah dalam mengembangkan EKSyar yang salah satunya dibuktikan melalui seminar nasional yang merupakan kerjasama antara Bank Indonesia dengan The Indonesia Association of Islamic Economist (IAEI), Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) serta Dewan Ekonomi Syariah.

“Sinergi berjamaah dan koordinasi yang kuat selama ini sejak lima tahun terakhir membuahkan hasil . Di mata keuangan syariah, Bank Indonesia aktif memajukan keuangan syariah,” ujar Perry.

Ia menjelaskan Bank Indonesia mempunyai tiga pilar dalam membangun EKSyar. Pilar pertama adalah membangun halal value chain yang tidak hanya untuk industri kosmestik dan halal tourism namun juga berbasis ekonomi umat baik pesantren,ekonomi rumah tangga, serta penguatan gender.

Kemudian pilar kedua dengan memperkuat keuangan syariah secara komersial maupun sosial.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button