Ekonomi

BI Dorong Perluasan Akses Keuangan bagi UMKM

INDOPOSCO.ID – Bank Indonesia akan terus mendorong perluasan akses keuangan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa kembali bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19.

“BI juga selalu mendorong perluasan akses keuangannya (bagi UMKM),” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi kepada Antara pada acara Karya Kreatif Jabar 2021 dan Pekan Kerajinan Jabar “UKM Jabar Paten” dalam rangka Kampanye Gernas BBI bersama Menteri KUKM RI di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021).

Rosmaya mengatakan Bank Indonesia juga akan terus mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BWI).

Bentuk dukungan tersebut, kata dia, dilakukan dengan cara menginstruksikan 46 kantor cabang BI agar selalu mendukung dan berkolaborasi dengan acara-acara yang terkait Gernas BBI dan BWI.

“Jadi BI mendekatkan dengan perbankan. Terbukti acara ini merupakan sinergi, bukan hanya saja bagaimana UMKM bersinergi dengan acara BBI antara lain Karya Kreatif Jabar dengan Ciayumajakuning Entrepreneur Festival di Cirebon,” kata dia.

Ia mengatakan Bank Indonesia terus berupaya agar UMKM Jabar dapat naik kelas dan juga dapat menembus hingga pasar internasional.

“Saat ini ialah waktunya bersinergi, berkreasi dan mendorong pemasaran UMKM hingga internasional atau ekspor,” kata dia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto menambahkan sebagai wujud komitmen dukungan terhadap UMKM yang melibatkan sinergi antarpemangku kepentingan, Gernas BBI dan BWI Jawa Barat dirangkaikan dengan event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB), Ciayumajakuning Entrepreneur Festival dan Pagelaran Kreasi Priangan Timur.

Herawanto mengatakan berbagai event tersebut merupakan gelaran tahunan bergengsi hasil kolaborasi Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat (termasuk BI Tasikmalaya dan BI Cirebon) bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten terkait di Jawa Barat dan Dekranasda, dengan didukung oleh Perbankan dan stakeholders terkait di Jawa Barat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button