Ekonomi

BI Distribusikan Rupiah ke Pulau Terluar dan Tertinggal

INDOPOSCO.ID – Bank Indonesia (BI) kembali mendistribusikan uang rupiah layak edar ke pulau-pulau terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) dalam kegiatan kas keliling, setelah selama setahun terhenti karena pandemi Covid-19.

“Kami bersama TNI AL melaksanakan pertama kali setelah terhenti karena pandemi, kas keliling di kepulauan 3T,” kata Direktur Pengelolaan Uang BI Yudi Harymukti saat melepas KRI Tjiptadi di Batam, Kepulauan Riau, Senin.

Dalam kegiatan itu, BI memastikan hak masyarakat untuk mendapatkan uang layak edar terpenuhi, sehingga kedaulatan NKRI bisa ditegakkan , terutama di wilayah perbatasan.

BI, kata dia, diberi tugas dan kewenangan untuk menyediakan uang rupiah dalam nominal cukup dan pecahan sesuai dalam kondisi layak edar di seluruh NKRI.

Petugas BI bersama jajaran TNI AL dari KRI Tjiptadi keliling ke lima pulau di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Pulau Jemaja, Pulau Tarempa, Pulau Serasan, Pulau Singkep, dan Pulau Moro Tengah selama sepekan mulai Senin (29/3/2021).

BI menyiapkan dana Rp5 miliar dalam kas keliling di Kepri.

Pada kas keliling kali ini, BI melakukannya dengan cara “wholesale” bekerja sama dengan perbankan demi menghindari adanya kerumunan masyarakat yang ingin menukarkan rupiahnya.

“Kita tetap dalam kondisi pandemi sehingga protokol ketat. Apabila dulu langsung ke masyarakat yang dikunjungi, sekarang bekerja sama dengan perbankan saja,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button