Nasional

Bersama Kementerian/Lembaga, Bea Cukai Tumbuhkan Geliat Ekspor Daerah

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 membuat seluruh negara di dunia mengalami pelemahan ekonomi dan perdagangan, tak terkecuali Indonesia. Oleh sebab itu, Bea Cukai kian gencar menumbuhkan geliat ekspor daerah sebagai cara instansi ini dalam mendongkrak ekspor nasional dan mendukung pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Humas Bea Cukai, Sudiro, pada Selasa (2/3/2021), yang juga mengatakan bahwa saat ini Bea Cukai tengah bekerja sama dengan kementerian/lembaga lainnya untuk melaksanakan langkah strategis dalam menumbuhkan geliat ekspor di daerah.

Di Gresik, Jawa Timur, pada tanggal 17 Februari 2021 Bea Cukai bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Kantor Wilayah Jawa Timur menggelar diskusi yang membahas program pembiayaan ekspor kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Disebutkan Sudiro, kedua pihak menyadari besarnya potensi UMKM di Indonesia dalam mendorong ekspor, maka keduanya bersinergi untuk mendorong ekspor UMKM.

“Bea Cukai memberikan insentif fiskal berupa pembebasan bea masuk serta pajak pertambahan nilai (PPN) dan PPnBM (pajak pertambahan nilai atas barang mewah) atas impor bahan baku yang diperlukan UMKM, dan memberikan kemudahan prosedur dalam pelaksanaan realisasi ekspor. Dari sisi pembiayaan, LPEI membantu UMKM dengan memberikan akses pendanaan yang mudah, murah dan dengan suku bunga kompetitif, bagi UMKM yang membutuhkan modal kerja maupun investasi dalam rangka ekspor,” jelasnya.

Selanjutnya, kedua pihak berencana akan menyelenggarakan sosialisasi kepada UMKM di Gresik dan Lamongan dengan menghadirkan narasumber dari LPEI. “Kami berharap dengan adanya kerja sama ini, potensi UMKM untuk ekspor dapat terus meningkat,” harap Sudiro.

Peningkatan ekspor oleh pelaku UMKM di daerah juga dibantu Bea Cukai melalui pelaksanaan forum Pemerintah Daerah se-Madura bersama Atase Keuangan KBRI Singapura, Deni Surjantoro dan Atase Perdagangan KBRI Singapura, Rumaksono. Forum yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2021 secara daring ini mengangkat tema “Gali Potensi Ekspor Industri Kecil dan Menengah (IKM) Madura”.

Sudiro mengatakan dalam forum tersebut pihak KBRI menjelaskan bahwa Singapura merupakan hub bisnis di Asia, hub keuangan, dan hub komoditas. Ekspor ke Singapura tentunya menjadi tantangan tersendiri dan peluang besar bagi para IKM unggulan daerah yang berpotensi besar memperluas pasarnya ke internasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button