Ekonomi

Bersama Bea Cukai, Pelaku Usaha Dobrak Pasar Dunia

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai giat melakukan upaya dalam menggerakkan perekonomian khususnya dengan membantu IKM-UMKM di berbagai daerah untuk mendobrak pasar dunia melalui ekspor produk unggulan. Ini dilakukan sebagai bentuk hadirnya Bea Cukai sebagai trade fasilitator dan industrial assistance serta sebagai dukungan atas program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, M. Hatta Wardhana menyampaikan, sebagai bentuk upaya menyokong IKM-UMKM dalam memasarkan produk mereka ke pasar dunia, pada kesempatan ini, Bea Cukai Madura, Bea Cukai Mataram dan Bea Cukai Semarang melaksanakan pelepasan ekspor perdana berbagai produk unggulan di masing-masing daerah.

Bea Cukai Madura menggelar kegiatan pelepasan ekspor perdana produk IKM ke Singapura. Tercatat ada enam IKM asal Pamekasan yang tergabung dalam klinik ekspor berhasil mengekspor produk mereka. Produk yang diekspor antara lain rengginang, rengginang lorjuk, olahan teri, teh bugie, produk kain, baju batik dan syal ecoprint dengan total nilai barang ekspor sebesar USD1.042,7. Ekspor perdana ini akan diterima oleh Atase Perdagangan RI di Singapura. Selanjutnya produk akan dilakukan kurasi dan penilaian untuk menyesuaikan dengan karakter konsumen di Singapura.

Hatta menambahkan, nantinya juga akan dilaksanakan agenda yang tak kalah penting yaitu rencana pelaksanaan Business to Business Matching yang akan menjadi ajang pertemuan para pelaku usaha sebagai penjual dengan para calon pembeli di Singapura.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button