Nasional

Berlebihan, General Check Up sebelum Vaksin

INDOPOSCO.ID – Dokter spesialis paru, Erlina Burhan, mengemukakan persiapan vaksinasi COVID-19 berupa general check up bagi peserta dengan komorbid atau penyakit bawaan adalah pilihan yang berlebihan.

“Yang namanya general check up kan keseluruhan, ya, menurut saya berlebihan. Misalnya seseorang punya sakit jantung, lalu ragu divaksinasi. maka lebih baik konsultasi kepada dokternya demi mendapatkan informasi apakah kondisi jantungnya bermasalah atau enggak,” katanya dalam agenda webinar “Diskusi Media Virtual”, Jumat (21/5).

Dokter paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mengatakan Kementerian Kesehatan memiliki rambu bagi peserta vaksinasi dengan penyakit bawaan menurut faktor usia.

“Dan kalau ada komorbid, apakah komorbid ini terkontrol atau tidak, stabil atau tidak, biasanya pasiennya tahu,” katanya.

Erlina mengatakan general check up sebelum vaksin membutuhkan dana besar yang bisa membebani keuangan peserta bahkan negara bila hal itu dilakukan sebagai prosedur awal vaksinasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button