Nasional

Berkontribusi Nyata, Brantas Abipraya Borong Tiga Penghargaan di Top CSR Awards

INDOPOSCO.ID – PT Brantas Abipraya (Persero) berhasil meraih penghargaan dalam ajang Top CSR Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business, bekerja sama dengan beberapa asosiasi dan konsultan CSR (Corporate Social Responsibility).

Brantas Abipraya yang dikenal sebagai salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam industri konstruksi ini menyabet tiga kategori dalam penghargaan ini. Digelar di Hotel Raffles Jakarta (22/4), Direktur Utama Brantas Abipraya yakni Bambang E. Marsono hadir menerima langsung penghargaan.

“Ini adalah bukti kontribusi nyata kami sebagai kontraktor yang tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur saja, tapi kami juga memberikan perhatian lebih kepada lingkungan khususnya sekitar proyek-proyek yang sedang kami kerjakan,” ujar Bambang.

Ditambahkannya, dalam ajang ini, Brantas Abipraya berhasil mengantongi tiga penghargaan sekaligus yaitu, Top CSR Awards 2021 on Star 4, Top Leader on CSR Commitment 2021 dan Top CSR Awards 2021 atas Program Pendidikan Vokasi dengan nama programnya adalah Abipraya Pintar.

Keberhasilan ini dicapai karena BUMN konstruksi ini memiliki beberapa program CSR terbaik. Hal ini menunjukkan keseriusannya selain pada pembangunan infrastruktur, namun juga turut mengedepankan kebutuhan sosial dalam perancangan strateginya untuk menjadi salah satu kontraktor milik negara, terdepan di Indonesia. Ini terlihat dari pelaksanaan CSR Brantas Abipraya yang telah menciptakan Creating Shared Value (CSV).

Bambang menjelaskan, melalui Program Abipraya Pintar banyak kegiatan yang dilakukan Abipraya untuk masyarakat. Salah satunya adalah membangun Pustaka Mini di Desa Cijayanti, Bogor. Berlokasi di tengah-tengah lahan kebun Sengon, taman bacaan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak di daerah tersebut, tujuannya agar anak-anak mempunyai tempat bermain bernuansa pendidikan.

Tak hanya sampai di situ, dalam Program Abipraya Pintar perusahaan BUMN ini menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya menyelenggarakan bimbingan teknis K3 Konstruksi.

Kegiatan ini juga melibatkan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan Politeknik Negeri Malang juga Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Dalam program ini Abipraya berhasil memberikan Distance Learning (SIBIMA) Tenaga Ahli Muda K3 Konstruksi 2.000 peserta.

Kegiatan ini dilakukan untuk memudahkan calon kontraktor muda Indonesia memperoleh sertifikasi. Inipun sebagai bukti dukungan Brantas Abipraya terhadap implementasi Undang-Undang Republik Indonesia No. 02 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang menyatakan setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang Jasa Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button