Nasional

Berkah di Balik Musibah, Kopi Khas Karo Ini Terbang hingga Negeri Piramida

INDOPOSCO.ID – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Fitri Coffee, Abdianto adalah satu dari ratusan UKM binaan PT Pertamina (Persero). Melalui program kemitraan tersebut Abdianto selangkah lagi akan mengantongi beberapa sertifikat untuk usaha kopi khas Karo miliknya.

“Saya mendapat kesempatan mengikuti Pertamina UMKM Academy dan setelahnya langsung dibantu mengurus BPOM, HaKI, dan Halal. Sangat bersyukur,” ujar Abdianto dalam keterangannya, Minggu (28/2/2021).

Abdianto merasakan manfaat lain dari program kemitraan, yakni meningkatnya hasil produksi usaha kopinya. Sebelum bergabung dengan Pertamina, Fitri Kopi hanya memproduksi bahan baku (green bean).

“Setelah mendapatkan bantuan dan binaan Pertamina, UKM Fitri Kopi memulai memproduksi bahan jadi berupa bubuk (roast bean). Kami langsung beli alat roasting dan grinder yang dananya bersumber dari pinjaman Pertamina,”katanya.

Fitri Kopi sendiri dirintis pada tahun 2017, tepatnya pada saat pasca erupsi Gunung Sinabung. Awalnya, Abdianto adalah seorang petani jeruk. Namun karena imbas musibah erupsi tersebut, ia berpindah haluan menjadi petani kopi.

Untuk menaikkan nilai jual kopi pasca panen, ia pun memproses terlebih dahulu biji kopi yang sudah dipetik. “Ada proses Wina, Honey, Natural, dan Semi wash,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button