Nasional

Berawal dari Aspirasi Warga Papua, Mensos Risma Melakukan Ini

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) membuat kapal dan alat transportasi berupa sepeda motor listrik untuk warga yang ada di daerah terpencil di Papua.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyatakan, tokoh dan warga Papua dari Kabupaten Mamberamo, Tolikara, Puncak, dan Yahukimo meminta kepada dirinya agar dibuatkan kapal untuk mempermudah transportasi dan aksebilitas.

“Saya pikir kalau membeli itu tidak menggerakkan warga Papua untuk bisa melakukan pembelajaran. Akhirnya saya berkomunikasi dengan Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) mereka yang akan mengajarkan warga membuat kapal. Dibantu dosen ITS karena memang dasar ilmunya adalah perkapalan,” ujarnya di kampus ITS, Senin (9/8/2021).

Mantan Wali Kota Surabaya tersebut menargetkan kapal ini bisa diluncurkan pada 17 Agustus mendatang, dan selanjutnya dilakukan pelatihan membuat kapal. Selain itu, warga Yahukimo bercerita bahwa satu-satunya transportasi yang ada di daerah-nya adalah pesawat dengan jarak tempuh satu jam, sedangkan berjalan kaki bisa menghabiskan waktu tiga hari.

“Kemudian disampaikan jika menggunakan sepeda motor listrik akan lebih efisien karena di sana untuk mengangkut bahan bakar tidak mudah karena di atas gunung,” ujar Risma.

Mensos juga telah menyampaikan kepada Rektor ITS Prof Mohammad Ashari agar dibuatkan solar cell untuk stasiun pengisian sepeda motor listrik. “Tadi saya sampaikan ke rektor bagaimana membuat charging station untuk pengisian sepeda motor listrik untuk dibantukan ke warga di atas gunung. Rektor menyatakan semua itu mudah,” tandasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button