Ekonomi

Begini Strategi Pemerintah Tingkatkan Ketersediaan Biomassa

INDOPOSCO.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyusun rencana strategis untuk meningkatkan ketersediaan energi baru terbarukan berbasis biomassa dengan memanfaatkan potensi daerah.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, pemerintah mengajak perusahaan dan masyarakat agar berkolaborasi dalam mengembangkan pembangkit listrik tenaga biomassa tersebut.

“Pembangkit dioperasikan oleh perusahaan, kemudian perusahaan bekerja sama dengan masyarakat untuk mengembangkan bahan baku,” katanya dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Kamis (12/8).

Dadan mengungkapkan salah satu pengusahaan energi berbasis biomassa yang telah berjalan baik ada di Merauke, Papua, yang dioperasikan oleh PT Medco Energi.

Pembangkit biomassa itu menghasilkan listrik berkapasitas 3,5 megawatt yang jual kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk melistriki daerah tersebut.

Selain melibatkan perusahaan dalam pembangunan pembangkit biomassa, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk bisa memproduksi energi biomassa skala kecil.

“Nanti untuk pembangkit kecil didorong dengan dana pemerintah yang sekarang kami pikirkan adalah dengan dana alokasi khusus (DAK),” ujar Dadan, sepertid dilansir Antara.

Direktur Operasi Medco Energi Budi Basuki mengungkapkan pembangkit listrik biomassa di Merauke, merupakan pembangkit listrik swasta pertama dengan energi baru terbarukan yang ada di Papua.

Menurutnya, pengoperasian pembangkit tersebut menunjukkan keberhasilan public private partnership antara PLN dan Medco Energi dengan dukungan pendanaan dari pemerintah melalui Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup( BPDLH) Kementerian Keuangan dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button