Megapolitan

Begini Dampak yang Dirasakan UMKM karena Covid-19

Webinar INDOPOSCO

INDOPOSCO.ID – Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Muhamad Abas mengatakan, dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya, penurunan omset.

Pemerintah telah beberapa kali mengeluarkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat, sebab situasi pandemi kesempatan berinteraksi sosial langsung menjadi sangat terbatas.

“Pertama, penurunan omset penjaualan. Itu sudah pasti kalau ada pembatasan pergerakan omset pemasukan menurun,” kata dia, saat menjadi pembicara pada webinar dengan tema “Jakarta Bangkit Ekonomi Pulih: Peran UMKM Jakarta Dalam Mendukung Kebangkitan Ekonomi di Masa Pandemi” di Hotel Aston Priority Simatupang & Conference Center, Jakarta, Rabu (23/6/2021).

Dampak kedua yang dirasakan UMKM ialah penutupan usaha saat ada lokasi wisata atau arae perkantoran pabrik. Di sisi lain, pihak perusahaan tidak mampu membayar asuransi.

“Mau tidak mau UMKM ini bertransformasi, Kita harus mengikuti tren yang ada yaitu transformasi digital,” tutur Abas.

Kendati demikian, perekonomian di DKI sejak 2012-2022 secara normal di atas nasional. Namun, memasuki resesi, perekonomian di Jakarta turun di bawah perekonomian nasional.

Saat ini laju year on year (yoy) perekonomian di Jakarta membentuk kurva V seiring dengan peningkatan kondisi ekonomi di Jakarta.

“Potret produk domestik regional bruto (PDRB) pada triwulan pertama 2021 sektor akomodasi (makanan dan minuman) mengalami keterpurukan. Sementara pertumbuhan positif dialami sektor kesehatan dan informasi komunikasi,” jelasnya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button