Nasional

Bedakan Efek Vaksin dan Infeksi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Ahli dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio menjelaskan gejala Covid-19 muncul beberapa hari setelah menjalani vaksinasi disebabkan karena seseorang sedang berada dalam masa inkubasi virus penyebab Covid-19 menginfeksi tubuh serta sudah terpapar virus sebelum mengikuti vaksinasi.

“Proses inkubasi virusnya tetap berjalan, sehingga dua tiga hari sesudah suntikan (vaksin COVID-19) baru muncul gejala COVID-19 serta itu cukup banyak sih, artinya mereka sedang dalam masa inkubasi, sehingga otomatis beberapa hari setelah vaksinasi muncul indikasinya,” tutur Amin Soebandrio yang juga ​​​​​​Kepala Lembaga Eijkman itu saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Amin mengatakan proses inkubasi dapat membutuhkan waktu beberapa hari hingga satu mingguan, apalagi pada kasus tertentu ada yang lebih lama waktunya.

“Kita sering kali tidak dapat membedakan seseorang itu dari tampilannya, gejala klinisnya apakah dia orang yang sehat atau sedang dalam masa inkubasi. Masa inkubasi bisa beberapa hari hingga sekitar seminggu, ada yang lebih panjang sih. Mungkin orang itu sudah merasa, namun karena masih ringan menganggap tidak ada pertanda apa-apa, sehingga vaksinasi tetap dijalankan tapi proses inkubasi virusnya tetap berjalan,” tuturnya.

Amin menjelaskan infeksi Covid-19 yang muncul beberapa hari setelah menjalani vaksinasi Covid-19 tersebut, bukan disebabkan oleh vaksin Covid-19 yang telah disuntikkan ke dalam tubuh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button