Nusantara

Bea Cukai Tual dan Bengkalis Jalin Sinergi dengan Berbagai Instansi

INDOPOSCO.ID – Dalam menjalankan fungsinya sebagai revenue collector, community protector, trade facilitator, dan industrial assistance, Bea Cukai kerap berkoordinasi dengan pihak lainnya, baik kementerian/lembaga pemerintahan maupun instansi swasta. Sinergi pun terjalin dalam bentuk pelaksanaan tugas bersama dan kunjungan ke instansi lain atau courtesy visit.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, pada Jumat (24/09) mengatakan kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah aktif berkunjung dan membuka forum diskusi dengan instansi lainnya di daerah pengawasannya masing-masing. Hal ini diakuinya, dilakukan untuk mempermudah pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Bea Cukai dan meminimalisir egosentrisme lembaga.

“Dengan saling mengunjungi, kami dapat mendiskusikan pelaksanaan tugas masing-masing dan menyampaikan hal-hal yang dibutuhkan untuk mengoptimalisasikan kinerja. Kami ingin membuang jauh ego sektoral dan pada akhirnya menciptakan kolaborasi untuk Indonesia Maju,” tegasnya.

Ia mencontohkan, dua kantor pelayanan Bea Cukai, yaitu Bea Cukai Tual dan Bea Cukai Bengkalis tengah giat melaksanakan sinergi dengan berbagai instansi yang berada di wilayah pengawasan tiap-tiap kantor.

“Seperti misalnya, dalam rangka penggalian potensi ekspor, Bea Cukai Tual berkoordinasi dengan BPS Maluku Tenggara untuk mempercepat koordinasi penggalian para pelaku usaha potensial perikanan dan pertanian dan dengan Bank Mandiri Maluku Tenggara untuk membahas pembiayaan kredit maupun investasi yang bisa digunakan para pelaku usaha. Hal ini dilaksanakan karena kami berupaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan membantu para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usahanya dengan program percepatan ekspor,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button