Ekonomi

Bea Cukai Tingkatkan Sinergi Dorong Potensi Penerimaan Negara

INDOPOSCO.ID – Koordinasi dalam rangka penguatan sinergi terus dilakukan Bea Cukai di berbagai daerah. Salah satu fokus yang terus didorong implementasinya adalah program pemulihan ekonomi nasional (PEN) serta peningkatan pengawasan.

Menyoroti program PEN 2020 dan keberlanjutannya di 2021, Komisi XI DPR RI mengadakan kunjungan rapat kerja spesifik sebagai implementasi fungsi pegawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan.

“Dengan adanya kunjungan ini, kami dapat menjelaskan bagaimana pelaksanaan tugas Perwakilan Kemenkeu di Provinsi Banten terutama terkait penerimaan negara, mendiskusikan langkah strategis untuk capaian maupun hambatan dan permasalahan yang dihadapi dilapangan serta menjabarkan sinergi antar instansi untuk meningkatkan penerimaan negara dan mendukung pemulihan ekonomi nasional,” kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Banten, M. Aflah Farobi.

Selain itu, Bea Cukai Bengkalis juga berkoordinasi dengan KPP Pratama bengkalis terkait program PEN. “Kami berkoordinasi terkait upaya potensi peningkatan penerimaan negara melalui pajak terhadap objek-objek yang ada di Bengkalis. Salah satunya yakni upaya pengembangan usaha-usaha maupun industri dengan produksi yang memiliki kualitas ekspor,” ungkap Ony Ipmawan, Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis.

Masih di wilayah provinsi Pekanbaru, Bea Cukai Wilayah Riau menerima kunjungan dari Pangdam I Bukit Barisan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi terkait upaya pemberantasan penyelundupan barang-barang ilegal.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, menyatakan bahwa Bea Cukai memiliki peranan penting pemasukan dan pengeluaran barang ekspor-impor yang pastinya memerlukan pengawasan dalam penegakan peraturan yang berlaku. Kemudian untuk menjalankan fungsi perlindungan masyarakat terhadap barang-barang yang berbahaya, Bea Cukai perlu memperkuat pengawasannya dengan kerja sama dengan instansi lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button