Nasional

Bea Cukai Tetap Berikan Pelayanan Ekspor Terbaik di Tengah Pandemi

INDOPOSCO.ID – Ekspor merupakan salah satu instrumen pendukung program pemulihan ekonomi nasional. Bea Cukai dalam menjalankan perannya sebagai industrial assistance dan trade facilitator dalam rangka mendukung program tersebut terus berupaya mendorong dan memfasilitasi ekspor di masa pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro mengatakan Bea Cukai selalu siap medukung dan membantu kegiatan ekspor dengan memberikan pelayanan terbaik.

“Bea Cukai juga tak henti-hentinya memberikan asistensi dan menawarkan fasilitas kepada pengguna jasa untuk kemudahan ekspor,” tuturnya.

Sudiro menyebutkan Kantor Bea Cukai yang malakukan pelayanan ekspor kali ini di antaranya Bea Cukai Ambon, Bea Cukai Telukbayur dan Bea Cukai Pekanbaru.

Bea Cukai Ambon melayani ekspor PT Citic Seram Energy Ltd yang terletak di Bula, Maluku secara simultan. Pada Selasa (27/7) dilakukan pemeriksaan sarana pengangkut laut (kapal MT. Elbrus). Keesokan harinya dilanjutkan pengawasan pemuatan oseil crude oil sebanyak 299.775 barrel dan sonding akhir untuk memastikan jumlah muatan barang ekspornya. Pada Jumat (30/07) dilakukan asistensi submit dokumen PEB sehingga kapal MT. Elbrus dapat berangkat setelah terbit NPE sekitar pukul 21.00 WIT.

Sudiro menambahkan, untuk tahun 2021, ini merupakan ekspor pertama PT Citic Seram Energy Ltd dan menyumbang devisa sebesar USD19.405.895,65 dengan tujuan ekspor ke Korea Selatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button