Ekonomi

Bea Cukai Terus Gali Potensi Ekspor Komoditas Daerah dari Pala hingga Gaharu

INDOPOSCO.ID – Membantu upaya pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai terus menggerakkan industri dalam negeri untuk meningkatkan produksi barang untuk diekspor. Bimbingan dan asistensi ekspor dilakukan Bea Cukai kepada pelaku industri di daerah-daerah, seperti yang dilaksanakan beberapa kantor pelayanan Bea Cukai di bulan Februari ini.

Di awal Februari 2021, Bea Cukai Ambon menggelar diskusi dengan perwakilan Asosiasi Pala Organik Wilayah Maluku membahas ekspor hasil non perikanan Provinsi Maluku.

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Saut Mulia mengatakan, dalam pertemuan yang terselenggara pada tanggal 1 Februari 2021 tersebut kedua pihak menyepakati untuk membentuk tim agar bisa lebih efektif dalam menggali potensi ekspor.

“Kami berharap bisa ambil bagian dalam mendorong ekspor non perikanan di Provinsi Maluku dan menyamakan langkah atau bekerja sama dengan Asosiasi Pala Organik Wilayah Maluku, sebuah organisasi dengan anggota sekitar 530 orang,” ujar Saut, dalam keterangannya Selasa (23/2/2021).

Selain dengan Asosiasi Pala Organik Wilayah Maluku, Bea Cukai Ambon juga berdiskusi dengan PT Kamboti Samudera Mandiri membahas hal yang sama. Komoditas pala perusahaan tersebut menurut Saut selama ini diekspor melalui Surabaya.

“Pala yang telah siap dikirim dimuat menggunakan kontainer lokal dan dibongkar di Surabaya, selanjutnya baru diekspor. Kami mencoba berdiskusi dengan perusahaan agar dapat melakukan ekspor langsung dari Maluku. Selain bisa memangkas biaya transportasi ekspor, hal ini juga akan bermanfaat untuk penerimaan provinsi,” jelas dia.

Beda daerah beda pula komoditas lokalnya, di bumi cendrawasih, Bea Cukai Timika mengedukasi dan menginternalisasi pengusaha kayu gaharu lokal yang berpotensi untuk menjadi eksportir, yaitu CV. Pancoran Gaharu Timika.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button