Ekonomi

Bea Cukai Terjunkan Pegawai di Berbagai Wilayah Monitoring Harga Transaksi Pasar

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai di berbagai wilayah memonitoring harga transaksi pasar terhadap harga jual eceran (HJE) produk hasil tembakau berupa rokok. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dan meningkatan optimalisasi fungsi pengawasan, penerimaan negara, serta sosialisasi di bidang cukai.

Plt Kasubdit Komunikasi dan Publikasi, Direktorat Jenderal Bea Cukai, Hatta Wardhana menyatakan bahwa kegiatan pemantauan HTP dilakukan secara rutin. “Kegiatan triwulanan ini dilakukan dengan membandingkan harga transaksi pasar (harga jual) dengan harga jual eceran yang tercantum dalam pita cukai rokok. Tujuannya untuk memastikan harga transaksi pasar tidak melampaui batasan harga jual eceran yang tercantum dalam pita cukai rokok,” ungkap Hatta, dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Selain dari harga, petugas Bea Cukai juga mencatat jenis, isi, nama merek, kode personalisasi, dan perusahaan yang memproduksinya. “Harapannya dengan adanya kegiatan monitoring HTP ini, selisih harga jual eceran rokok yang ditetapkan dalam pita cukai hasil tembakau tidak jauh berbeda, bahkan jika memungkinkan harga jual ecerannya sama dengan harga yang ditetapkan oleh para penjual,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button