Ekonomi

Bea Cukai Punya Peran Strategis dalam Mendukung PEN

INDOPOSCO.ID – Tugas Bea Cukai sangat penting dalam perekonomian. “Penerimaan kita memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain itu, kita juga berperan mendukung ekspor. Dengan peran tersebut, tentunya akan banyak tantangan. Tantangan yang dihadapi Bea Cukai Batam adalah sinergi dan koordinasi, yang merupakan kunci untuk bersama-sama memajukan institusi kita tercinta ini,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai, Askolani saat mengunjungi Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (25/3/2021).

Ia menyampaikan, Bea Cukai memiliki peran strategis dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di 2021. “Tantangan yang masih harus kita hadapi adalah mengatasi dampak pandemi Covid-19 khususnya di bidang kesehatan, karena ini adalah kuncinya. Kita tahu Bea Cukai memiliki kontribusi yang cukup signifikan untuk mendukung hal tesebut. Dengan kebijakan nasional kita memberikan fasilitas untuk kemudahan pengadaan alat-alat kesehatan, dan saat ini kita juga memberikan kemudahan untuk impor vaksin,” jelasnya.

Tugas dan fungsi Bea Cukai di bidang penerimaan juga menjadi sorotan Askolani. Ia mengingatkan, Bea Cukai harus mengoptimalkan penerimaan negara. “Untuk bisa mengomptimalkan penerimaan negara ini kita harus bekerja secara professional dan full effort sebab kita menghadapi tantangan di masa pandemi ini. Kita melihat potensi penerimaan kita masih bisa meningkat, kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan cukup siginifikan dalam rangka mengoptimalkan sisi penerimaan kita,” lanjutnya.

Selain itu, Askolani juga mengingatkan peran Bea Cukai dalam bidang penegakan hukum. Menurutnya, penegakan hukum harus dilaksanakan secara optimal dan terukur, terus bersinergi dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum (APH) lainnya.

“Dengan koordinasi yang baik dengan APH itu bisa mengoptimalkan penegakan hukum daripada penegakan hukum yang kita lakukan sendiri,” pungkasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button