Nusantara

Bea Cukai Perkuat Sinergi di Jawa Tengah

INDOPOSCO.ID – Perkuat pengawasan dari segala lini, beberapa kantor Bea Cukai di Jawa Tengah tingkatkan sinergi dan koordinasi dengan aparat penegak hukum (APH) di wilayahnya. Sinergi ini dilakukan melaui kunjungan kerja oleh Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY dan Bea Cukai Tanjung Emas.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto, mengatakan bahwa dalam tugas Bea Cukai sebagai community protector, Bea Cukai akan bersinggungan secara langsung maupun tidak langsung dengan penegak hukum lain. Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas tersebut Bea Cukai harus aktif menjalin sinergi dengan TNI, Polri dan APH yang lain.

Pada Jumat (28/05), Tri Wikanto menyerahkan penghargaan Direktur Jenderal Bea dan Cukai dengan kategori prestasi luar biasa baik kepada Tim Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang. Penghargaan ini diberikan kepada 11 anggota TNI atas kontribusi dan dukungan penuh dalam pelaksanaan penindakan kapal layar motor (KLM) Hikmah Jaya 3 atas dugaan importasi illegal dengan melakukan bongkar muatan tekstil dan ballpress di luar kawasan pabean di Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah, pada Januari 2021 lalu.

“Penghargaan ini merupakan bentuk nyata dari kolaborasi antara Bea Cukai dengan TNI Angkatan Laut Semarang. Sinergi akan dibangun, sehingga proses penindakan, penyidikan, dan pemberkasan dapat menjadi satu kesatuan dan berjalan dengan baik,” ungkap Tri Wikanto.

Selain TNI, sinergi yang baik juga dijalin Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY dengan Ditpolairud Polda Jateng. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya kunjungan kerja oleh Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, Moch Arif Setijo Noegroho pada Kamis (03/06). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka optimalisasi pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai khususnya pengawasan laut.

Arif mengatakan bahwa sinergi antara Bea Cukai dan Polri khususnya Polairud telah terjalin dengan baik dan tertuang melalui MoU mengenai Peningkatan Sinergi Tugas Operasional dan Sumber Daya Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi antara Bea Cukai dan Polri. “Kita akan terus bersinergi khususnya di bidang penegakan hukum. Implementasinya di lapangan, kedepan akan kami lakukan kegiatan lanjutan seperti pertukaran data dan informasi serta pelaksanaan patroli bersama,” ujarnya.

Tidak hanya Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, sinergi dan koordinasi dengan Polri juga dilakukan oleh Bea Cukai Tanjung Emas dengan melakukan kunjungan kerja ke Polda Jateng. Kunjungan ini langsung dipimpin oleh Kepala Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin.”Dalam pengawasan, kami menyadari bahwa tidak bisa bekerja sendiri, sinergi sangat diperlukan apalagi dengan pihak Kepolisian. Kolaborasi diharapkan mampu mempermudah kerjasama dan komunikasi yang efektif saat kami melakukan pengawasan,” jelasnya.

Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Lutfi mengapresiasi kunjungan kerja ini dan menyampaikan terimakasih atas sinergi yang terjalin. “Koordinasi yang sudah terjalin selama ini diharapkan dapat terus terjaga, karena Bea Cukai dan Polri punya andil yang sama, terutama dalam rangka penegakan hukum terkait peredaran narkoba,” ujarnya.

Diharapkan Bea Cukai Bersama APH yang lain dapat saling bahu membahu dalam menciptakan pengawasan yang optimal. Penegak hukum yang solid dan kompak dapat mencerminkan citra positif kepada masyarakat, sehingga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat sehingga tidak melakukan pelanggaran hukum terutama dalam hal kepabeanan dan cukai. (bro)

Sponsored Content
Back to top button