Ekonomi

Bea Cukai Pacu Geliat Perekonomian Lewat Ekspor Perdana di Berbagai Daerah

INDOPOSCO.ID – Upaya untuk menggali potensi ekspor di berbagai wilayah di Indonesia terus dilakukan Bea Cukai. Lewat tim percepatan ekspor dan sinergi dengan instansi pemerintah daerah beberapa wilayah telah berhasil melakukan ekspor perdana secara langsung setelah sebelumnya vakum dalam kegiatan ekspor.

Bea Cukai Ambon berhasil menggerakkan ekspor langsung dari Maluku. Produk Pala yang merupakan rempah-rempah khas Maluku berhasil kembali diekspor setelah 21 tahun terhenti. Ekspor perdana kali ini dilakukan oleh PT Subur Anugerah Indonesia (SAI).

“Ke depannya kami akan selalu mendukung program ini untuk ekspor yang lebih lagi, kenapa saya pikir rempah-rempah yang terkenal dari Ambon selama ini keluar ke Surabaya ke Jakarta, retribusi yang dari Maluku ini tidak ada,” ungkap perwakilan dari PT SAI, Ricky Wong.

Sementara itu, Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, Saut Mulia yang tergabung dalam tim percepatan ekspor Maluku mengungkapkan, ekspor perdana Pala menjadi tonggak awal kejayaan Maluku, Ambon khususnya sebagai daerah pengekspor rempah-rempah Pala dan dunia internasional mengenalnya.

Tidak hanya keberhasilan ekspor perdana tersebut, dari Maluku juga direncanakan akan dilakukan ekspor Damar. Damar Indonesia memang sudah menembus pangsa pasar dunia dan damar dari Maluku salah satunya, akan tetapi belum tercatat sebagai hasil ekspor dari Maluku.

“Terkait persyaratan ekspor untuk komoditas Damar, Badan Karantina Pertanian di Maluku akan memberikan asistensi, selain itu Disperindag Provinsi Maluku juga akan membantu penerbitan surat keterangan asal (SKA). Bea Cukai juga akan memberikan informasi terkait prosedur yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan ekspor,” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button