Nusantara

Bea Cukai Madiun Gagalkan Penipuan Senilai Rp40 Juta

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai Madiun gagalkan penipuan berkedok pengiriman uang dari luar negeri. Dibantu Polresta Madiun, Bank Mandiri Cabang Madiun, serta Call Center Bank Mandiri dan BNI, Bea Cukai Madiun pun selamatkan uang senilai Rp40 juta.

Kepala Kantor Bea Cukai Madiun, Iwan Hermawan mengatakan, modus penipuan yang digunakan adalah menjalin kontak dengan korban melalui media sosial Facebook. Penipu berpura-pura mengirimkan uang tunai senilai USD3,2 Juta dan menjanjikan akan diberikan komisi 30 persen apabila korban mengurus penyimpanan uangnya di Indonesia.

“Selanjutnya, korban dihubungi orang yang mengaku sebagai pegawai Bea Cukai Soekarno Hatta dan meminta untuk mengirimkan uang sebesar Rp40 juta agar uang senilai USD3,2 juta yang dikirimkan tersebut dapat dikeluarkan dari bandara dan dikirimkan ke alamat tujuan,” ungkapnya, dalam keterangannya, Kamis (25/2/2021).

Korban, Sudarma (57), langsung mentransfer uang tersebut dengan mendatangi Bank Mandiri Cabang Madiun dengan tujuan rekening BNI pada Kamis, 18 Februari 2021 pukul 09.10 WIB. Namun, pihak yang mengaku sebagai pegawai Bea Cukai tersebut mengatakan bahwa uang tersebut belum diterima. Melihat kejanggalan ini, paman korban mengajak korban untuk mengonfirmasi hal terebut ke Kantor Bea Cukai Madiun.

Setelah mendengarkan kronologi kejadian, salah seorang pegawai Bea Cukai, Rendy membantu korban menghubungi Call Center Bank Mandiri dan BNI untuk membuat laporan kejadian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button