Nusantara

Bea Cukai Jalin Sinergi Antarinstansi Demi Ekspor Makin Berseri

INDOPOSCO.ID – Dalam mendukung kesuksesan program pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai kian gencar menjalin sinergi antarinstansi untuk meningkatkan ekspor.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai, Sudiro mengatakan sinergi sangat penting dalam mendorong peningkatan ekspor.

“Kerja sama semua pihak menjadi kunci utama dalam pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, sinergi antarinstansi terus kami jalin demi ekspor semakin berseri,” katanya.

Bentuk sinergi yang dijalin Bea Cukai pun beragam. Sudiro menyebutkan kantor-kantor pelayanan Bea Cukai telah aktif bekerja sama dengan pihak-pihak berkepentingan di tiap-tiap daerah untuk menggali potensi ekspor dan menggeliatkan ekonomi.

“Seperti Bea Cukai Makassar yang bekerja sama dengan Free Trade Agreement (FTA) Center Makassar. Keduanya telah membahas langkah-langkah kerja sama dalam upaya mendorong ekspor di Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, juga dibahas kendala-kendala yang umumnya dihadapi eksportir serta kiat dan langkah-langkah strategis peningkatan nilai jual produknya,” ungkapnya.

Menurut Sudiro, Sulawesi Selatan memiliki potensi produk ekspor yang sangat besar mulai dari produk perikanan hingga pertanian. Informasi terkait perizinan/legalitas ekspor dapat dengan mudah dikses oleh calon eksportir secara daring sehingga masyarakat tidak perlu ragu apalagi takut untuk melakukan ekspor.

“Kami berharap Bea Cukai Makassar dan FTA Center Makassar selalu dapat memberikan pelayanan yang prima kepada eksportir dan calon eksportir di wilayah kerja masing-masing dan mendorong UMKM menjadi pilar dalam kegiatan ekspor,” harapnya.

Hal yang sama juga terlaksana di Mamuju, Bea Cukai Parepare aktif bersinergi dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kegiatan ekspor, terbukti dari keikutsertaan dalam Forum Koordinasi Peningkatan Ekspor.

Bea Cukai Parepare bersama pimpinan OPD Pemprov Sulbar, Forkopimda, pihak perbankan, serta para pelaku usaha di wilayah Provinsi Sulbar, hadir bersama dalam forum tersebut guna membahas berbagai masalah serta langkah langkah dalam memacu pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan ekspor.

“Bea Cukai Parepare siap memberikan asistensi maupun supervisi kepada pihak-pihak berkepentingan, khususnya para pelaku usaha di wilayah Sulbar, guna mensukseskan peningkatan jumlah dan komoditas ekspor Sulbar dari tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button