Ekonomi

Bea Cukai Gencarkan Asistensi IT Inventory Kawasan Berikat

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai menyuluh untuk memberi asistensi terkait sistem IT Inventory kawasan berikat kepada beberapa perusahaan di berbagai wilayah.

Bea Cukai Semarang melaksanakan focus group discussion (FGD) KBM bersama pengusaha yang telah mendapatkan fasilitas KBM. Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Sucipto, menyampaikan bahwa fasilitas KBM yang diberikan pemerintah ini merupakan wujud nyata bahwa pemerintah terus mendukung dan senantiasa memberikan kemudahan kepada pengusaha.

“Mendapatkan fasilitas KBM harus memenuhi beberapa persyaratan yang salah satunya adalah pemutakhiran data IT Inventory secara baik dan pemasangan CCTV,” jelas Sucipto, dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Melalui fasilitas KBM para pengusaha dapat melakukan tertib administrasi secara mandiri. Dengan hal ini maka diharapkan dapat meminimalisir waktu saat proses pemasukan dan pengeluaran barang.

Sucipto mengatakan meskipun mandiri, pengeluaran barang melalui jalur merah tetap harus ada sebagai kontrol dalam pelaksanaan pengawasan kepabeanan walaupun dengan presentase yang kecil.

Kemudian dengan fokus yang sama, Bea Cukai Purwakarta juga melakukan penyuluhan terkait sistem IT Inventory kawasan berikat kepada tiga perusahaan diantaranya PT Totoku Indonesia, kawasan berikat asal Jepang yang bergerak di bidang manufaktur kabel elektronik, dilanjutkan dengan penyuluhan ke PT NSS Indonesia dan PT Noritake Indonesia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button