Nasional

Bea Cukai Gali Potensi Pelaku Usaha Dalam Negeri lewat Program CVC

INDOPOSCO.ID – Sebagai salah satu instansi pemerintah yang berperan dalam memberikan asistensi terhadap para pelaku usaha dalam negeri di bidang kemudahan prosedural dan fiskal, Bea Cukai secara aktif mendatangi para pelaku usaha untuk dapat merumuskan kebijakan yang dapat memfasilitasi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi, Hatta Wardhana mengatakan, kegiatan asistensi tersebut dijalankan lewat kegiatan Customs Visit Customer (CVC).

“CVC ini merupakan upaya Bea Cukai menjemput bola ke para pelaku usaha untuk menggali potensi ekspor maupun mempromosikan fasilitas kepabeanan yang bertujuan untuk memudahkan dan mendorong kegiatan produksi mereka,” ungkapnya, dalam keterangannya, Jumat (23/4).

Kegiatan CVC kali ini dilakukan oleh beberapa unit vertikal Bea Cukai, salah satunya Bea Cukai Batam yang mengadakan kunjungan ke PT Karya Teknik Utama, salah satu perwakilan anggota Batam Shipyard and Offshore Association.

“Dengan mendukung industri galangan kapal di Batam, kita dapat melihat multiplier effect yang diberikan, karena industri padat karya akan banyak memberi kesempatan lapangan kerja dan menyerap banyak tenaga kerja,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata.

Kepala Harian BSOA, Novi Hasni mengatakan, permasalahan dari sisi asosiasi antara lain penginputan konversi bahan baku pada sistem CEISA piloting. Hal ini dikarenakan saat melakukan konversi banyak detail bahan baku yang harus diinput satu-persatu.

Dalam diskusi tersebut, Bea Cukai Batam memberikan solusi dalam penginputan melalui media CSV. Dengan menginput data dalam media CSV sesuai ketentuan, kegiatan penginputan bahan baku oleh pihak asosiasi dapat lebih mudah dilakukan.

Masih dalam kegiatan CVC, Bea Cukai Batam mengunjungi CV Sabar Berkah yang merupakan perusahaan penjual ikan segar dengan orientasi ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button