Megapolitan

Bea Cukai Bogor Sita 160.000 Batang Rokok Ilegal Asal Jawa Timur

INDOPOSCO.IDBea Cukai Bogor kembali membongkar upaya pengiriman barang kena cukai hasil tembakau/rokok ilegal di salah satu perusahaan jasa titipan (PJT) pada Sabtu (5/6/2021). Sebelumnya, 10 karton berisi 160.000 batang rokok ilegal yang diduga dilekati pita cukai palsu dan salah peruntukan dari Demak, Jawa Tengah juga berhasil digagalkan.

Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Edwan Isrin mengatakan pihaknya terbongkarnya kasus tersebut, berawal dari informasi intelijen dari Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Barat dan menemukan indikasi pengiriman rokok ilegal yang dikirim melalui salah satu PJT.

“Tim berhasil mengamankan sebuah paket berisi satu karton rokok yang diduga berjumlah 160.000 batang rokok tanpa dilekati pita cukai. Berdasarkan hasil penelusuran petugas, paket dikirim oleh pelaku berinisial M dari Sampang, Jawa Timur yang akan dikirimkan kepada penjual eceran di daerah Cipayung, Bogor,” jelasnya.

Dikatakan Edwan, maraknya upaya pengiriman rokok ilegal melalui PJT membuat Bea Cukai Bogor semakin gencar melakukan operasi penindakan dalam rangka menjaga wilayah pengawasannya dari peredaran rokok yang tidak sesuai ketentuan.

Sebagai tindak lanjut, seluruh barang bukti kemudian dibawa ke kantor Bea Cukai Bogor untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Upaya pengiriman rokok ilegal ini diduga telah melanggar ketentuan Undang-Undang No 39 Tahun 2007 tentang Cukai Pasal 54. Seluruh Barang Hasil Penindakan (BHP) telah dibawa ke KPPBC TMP A Bogor untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

“Keberhasilan Bea Cukai Bogor dalam operasi berantas barang kena cukai ilegal ini merupakan tindakan nyata Bea Cukai dalam menekan peredaran rokok yang tidak sesuai ketentuan dan demi mengamankan hak-hak negara dari sektor cukai,” tutup Edwan. (ipo)

Sponsored Content
Back to top button