Nasional

Bea Cukai Berikan Asistensi untuk Gali Potensi Ekspor

INDOPOSCO.ID – Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai trade facilitator, Bea Cukai terus menggali potensi ekspor dari berbagai daerah. Pada kesempatan ini, Bea Cukai melaksanakan asistensi ekspor kepada penggiat IKM di Madura pada Jumat (26/02) lalu.

Bersinergi dengan KPP Pratama Pamekasan pada kegiatan ini dilaksanakan pula asistensi pembuatan NPWP bagi pengusaha IKM. “Setelah semua dokumen lengkap, para pengusaha akan diberi asistensi pengisian modul ekspor yang menjadi salah satu syarat untuk melaksanakan ekspor,” ungkap Yanuar Calliandra, Kepala Kantor Bea Cukai Madura.

Selain itu, Bea Cukai Madura juga menyelenggarakan sosialisasi Gali Potensi Ekspor IKM Madura yang bertempat di aula kantor. Hadir sebagai peserta pada kegiatan ini adalah penggiat IKM dan UKM dari Pamekasan dan Sumenep, sekaligus membawa sampel produknya untuk diperkenalkan.

Pada kegiatan ini dijelaskan tentang tata laksana dan ketentuan ekspor, serta akses kepabeanan ekspor pada Nomor Induk Berusaha bagi IKM yang berorientasi ekspor. “Sebagai tindak lanjut kegiatan ini, kita akan bentuk tim Klinik Ekspor untuk memfasilitasi pengguna jasa dalam merealisasikan ekspor. Ini adalah bentuk dukungan kami, Bea Cukai Madura demi meningkatkan geliat ekspor dari daerah,” pungkas Yanuar.

Sementara itu, Bea Cukai Ambon terus menggali potensi ekspor biji pala (myristica fragrans) yang terkenal sebagai rempah-rempah dari bumi Maluku mengandung banyak manfaatnya. Pala sebagai komoditi ekspor memang banyak diminati baik dari negara Eropa maupun Asia, akan tetapi belum pernah tercatat sebagai hasil ekspor dari Maluku.

Dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan, diselenggarakan pertemuan yang membahas tentang percepatan ekspor pala dari Maluku. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi terkait yang tergabung dalam Tim Percepatan Ekspor Maluku, dan CV. Mainusu Petra Kastanya sebagai calon eksportir.
Dalam kesempatan ini Saut Mulia, Kepala Kantor Bea Cukai Ambon, menyampaikan, “Mainusu dan Kamboti bisa kita dorong ekspornya dari Maluku, posisi Bea Cukai memfasilitasi agar eksportasinya tercatat di Provinsi Maluku, sehingga dapat menyumbang devisa ekspor bagi Provinsi Maluku. Kami berharap, ekspor dapat terlaksana dalam waktu dekat.”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button