Nusantara

Bea Cukai Belawan Gagalkan Impor Limbah Plastik Terkontaminasi Sampah

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai Belawan bersama dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggagalkan importasi satu buah kontainer yang diberitahukan sebagai plastic scrap namun kedapatan bercampur dengan sampah.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap enam kontainer, kedapatan satu kontainer berisi plastic scrap yang terkontaminasi dengan sampah serta direkomendasikan untuk dikembalikan ke negara asal, sedangkan lima kontainer lainnya dinyatakan dalam kondisi bersih dan diperbolehkan untuk dipakai sebagai bahan baku,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Tri Utomo Hendro Wibowo dalam keterangannya, Senin (5/4/2021).

Seperti diketahui bahwa memasukkan sampah ke wilayah Indonesia dilarang berdasarkan Undang-undang No. 18 tentang Pengelolaan Sampah dan Undang-undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Hal ini juga diatur dalam Konvensi Basel yang telah diratifikasi melalui Keputusan Presiden Nomor 61 Tahun 1993 Tentang Pengaturan Lintas Batas Limbah Lainya serta Pengelolaanya (Basel Convention on The Control of Transboundary Movement of Hazardous Waste and Their Disposal).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button