Nasional

Bea Cukai Asistensi Ekspor Berbagai Komoditi Daerah

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka menggalakkan ekspor dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai berupaya meningkatkan ekspor dengan melakukan asistensi ke berbagai perusahaan untuk menggali potensi dan memberikan edukasi terkait ekspor.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana menyebutkan, kegiatan asistensi ekspor kali ini dilakukan oleh Bea Cukai di beberapa daerah diantaranya Makassar, Pontianak, Langsa, Tarakan, Semarang, dan Gresik.

Dalam rangka peningkatan mutu ekspor kelautan dan perikanan guna pencegahan kasus penolakan oleh negara buyer, Bea Cukai Makassar memberi edukasi kepada peserta Unit Pengolahan Ikan (UPI) terkait ekspor dan impor produk kelautan dan perikanan, sekaligus memperkenalkan terkait National Logistics Ecosystem-Makassar yang akan segera dijalankan dalam waktu dekat.

Selain itu, kata Hatta, tim percepatan ekspor Bea Cukai Pontianak melaksanakan asistensi kepada Asosiasi Eksportir Bucephalandra yang bergabung dalam Gabungan Pengusaha Bucephalandra Indonesia (GPBI) terkait Kode HS untuk Tanaman Hias Buce (Bucephalandra sp.). Dalam asistensi ini, dijelaskan juga bahwa eksportir dapat melakukan ekspor lewat Pontianak dengan mengurus sendiri dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) di Kantor Bea Cukai Pontianak dengan mekanisme Form 3D (Multimoda).

Memasuki akhir triwulan kedua tahun 2021, Bea Cukai Langsa juga memberikan asistensi untuk kegiatan ekspor yang dilakukan dalam waktu bersamaan oleh dua eksportir, pada Selasa (1/6) yang ada di Kota Langsa, yaitu PT Sultana Biomas Indonesia (produsen cangkang kelapa sawit) sebanyak 9.811,499 ton dan PT Pinang Nusantara Abadi (produsen biji pinang) sebanyak 35,460 ton.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button