Nasional

Bea Cukai Aktif Asistensi Laksana Ekspor UMKM Daerah

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka mendukung pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dengan tujuan melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya, Bea Cukai gencar mendorong potensi ekspor daerah. Melancarkan hal tersebut, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai secara aktif mengasistensi tata laksana ekspor bagi para penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai daerah.

CV. Putih, salah satu perusahaan kerajinan besi di Kabupaten Tulungagung menerima asistensi Bea Cukai Blitar untuk dapat memasarkan produknya ke luar negeri melalui ekspor. Kepala Kantor Bea Cukai Blitar, Akhiyat Mujayin, pada Rabu (03/03) mengatakan kunjungan Bea Cukai Blitar pada tanggal 17 Februari 2021 lalu untuk meyakinkan CV. Putih siap ekspor. “Perusahaan tersebut sudah cukup lama berkeinginan untuk memasarkan produknya ke luar negeri namun masih belum memiliki gambaran sama sekali tentang bagaimana cara melakukan ekspor. Maka kami memberikan penjelasan terkait prosedur dan syarat-syarat yang diperlukan untuk melakukan ekspor,” katanya.

Selain memberikan penjelasan terkait aturan di bidang ekspor, Bea Cukai Blitar juga memberikan gambaran dan tips untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul saat akan melakukan ekspor. Hal serupa juga dilaksanakan Bea Cukai Gresik dengan membantu UMKM SiP Ekspor untuk pembuatan NIB dan tata laksana ekspor agar memahami bagaimana perdagangan internasional serta bisa melakukan ekspor.

Kelompok Penyulingan Minyak Atsiri “Bunga Tani” di daerah Wayame Ambon juga menjadi UMKM yang diasistensi Bea Cukai. Pada tanggal 23 Februari 2021, Bea Cukai Ambon menemui Ketua Kelompok Penyulingan Minyak Atsiri “Bunga Tani”, La Yappi untuk menjembatani setiap permasalahan dan kendala yang dihadapi UMKM tersebut, untuk kemudian dikoordinasikan dengan instansi terkait, yang pada akhirnya diharapkan mampu untuk menembus pasar ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button