Nasional

BAZNAS Pastikan Nutrisi dan Kesehatan Ternak Jelang Hari Raya Iduladha

INDOPOSCO.ID – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyiapkan hewan ternak terbaik dalam menyambut Hari Raya Iduladha mendatang.

Seperti di Balai Ternak BAZNAS Bogor, salah satu upaya yang dilakukan adalah memastikan kecukupan nutrisi dan kesehatan ternak dengan memberi suplemen alami berupa jamu herbal kepada ternak.

“Jelang hari raya Iduladha, BAZNAS terus menyiapkan kurban berkualitas, serta memastikan kesehatan hewan ternak, salah satunya dengan memberikan jamu. Jamu herbal dipilih karena dapat menjadi suplemen alami meningkatkan nafsu makan domba, sehingga ternak mengalami peningkatan bobot yang signifikan, serta menjaga daya tahan tubuh ternak,” kata Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan, M.A., Senin (12/7/2021).

Saidah menuturkan, jamu herbal yang diberikan berasal dari kunyit yang merupakan salah satu tanaman herbal khas indonesia. Cara pembuatannya adalah kunyit diparut halus dan diberikan kepada ternak satu kali dalam sehari sebelum memberikan pakan ternak.

“Penggunaan empon tanaman herbal ini memang memiliki manfaat bagi ternak sekaligus menjadi solusi yang mudah serta bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tenak. Selain itu, jamu yang terbuat dari kunyit berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kambing serta meningkatkan kinerja organ pencernaan ternak,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button