Nusantara

Baru Setahun Dibangun, Jalan Nasional Rp49 Miliar di Kabupaten Lebak Rusak Parah

INDOPOSCO.ID – Buruknya penanganan Jalan Nasional di Wilayah Kabupaten Lebak, mendapat kritikan tajam dari Koordinator Badan Koordinasi LSM Kabupaten Lebak Judin Sutisna. Jalan nasional itu nyaris di sepanjang ruasnya dalam keadaan berlubang dan aspalnya Jalan mengelupas. Hal ini tentu bisa membahayakan para pengguna Jalan saat melintas di lokasi tersebut.

Koordinator Badan Koordinasi LSM Kabupaten Lebak Judin Sutisna mengatakan, bahwa pada tahun anggaran 2020 Kementerian PUPR melalui PPK Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 1 Banten, mengalokasikan anggaran dengan pagu sebesar Rp49 miliar lebih.

Anggaran tersebut untuk kegiatan Preservasi Jalan Pandeglang – Rangkasbitung – Cigelung, dilaksanakan oleh Kontraktor PT. KISS. Di tahun anggaran 2021, kegiatan Preservasi jalan itu kembali dianggarkan dengan pagu sebesar Rp18 miliar lebih dan dilaksanakan oleh Kontraktor PT LPR.

“Jika dihitung dari umur jalan sangat tidak realistis, baru setahun dibangun, kondisinya sudah rusak, dan malah dianggarkan kembali,” kata Judin Sutisna kepada wartawan, Minggu, (21/3/2021).

Menurut Judin, pihak penyelenggara Jalan Nasional Wilayah I Banten, hendaknya cermat dalam melakukan pengawasan dan penganggaran, sehingga dalam pelaksanaannya, tidak terkesan aji mumpung dan hanya memboroskan anggaran.

Kritik pedas juga disampaikan Ketua MPD LSM APMB Kabupaten Lebak, Hendi Sumarna. Menurutnya, penyelenggara Jalan Nasional seharusnya memberikan contoh terhadap Pemerintah Daerah, dalam menangani jalan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button