Nasional

Banyak Anak Terselamatkan, Menteri PPPA Apresiasi Polda Metro Jaya

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengapresiasikan kinerja Polda Metro Jaya (PMJ) terkait perlindungan anak khususnya dalam pencegahan, penanganan kasus kekerasaan, eksploitasi dan perlakukan salah lainya terhadap anak.

”Kami melakukan pemantauan secara khusus, dan Polda Metro Jaya di beberapa penanganan kasus terakhir ini lebih spesifik dan banyak,” ujar Nahar melalui gawai, Rabu (21/4/2021), ”kata Deputi Bidang Perlindungan Anak (PA), Kementerian PPPA Nahar Nahar melalui gawai, Rabu (21/4/2021).

Pada penanganan kasus di Polda Metro Jaya, menurutnya, kasus yang muncul eksploitasi ekonomi dan seksual, perdagangan anak, perdagangan anak dan aborsi ilegal. Mereka menggunakan ketentuan hukum pidana sesuai UU 35/2014. “Kami apresiasi kebijakan yang telah dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya,” katanya.

Ia menuturkan, kasus kejahatan terhadap anak belakang cenderung naik. Ini sesuai data yang masuk dalam sistem informasi online perlindungan perempuan dan anak (SIMPONI PPA). Hal ini disebabkan karena masa pandemi Covid-19.

“Di 2020 ada kecenderungan kasus naik. Tapi di beberapa kategori mengalami penurunan. Yang cenderung naik pada kasus perdagangan orang (TPPO) dan prostitusi anak,” katanya.

Ia menjelaskan, kenaikan kasus tersebut disebabkan anak tidak ada aktifitas. Pelaku menggunakan modus memancing korban melalui aplikasi media sosial (Medsos). “Biasanya pelaku memancing korban lewat temannya,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button