Nasional

Bank BUMN Jadi Kontributor Terbesar Penyaluran KUR

INDOPOSCO.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengungkapkan bahwa bank-bank BUMN menjadi penyalur terbesar kredit usaha rakyat (KUR).

“Dari kuota KUR 2021 dari Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yang targetnya Rp 253 triliun, kami memang menjadi kontributor terbesar yaitu 92 persen lebih,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (26/7/2021), seusai menghadiri rapat terbatas mengenai Pinjaman Kredit Usaha Rakyat Pertanian yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Penyaluran KUR selama Januari sampai 25 Juni secara keseluruhan meningkat Rp143,14 triliun atau 56,58 persen dari target Rp253 triliun pada 2021.

“Ini sesuai dengan penugasan yang kami terima. Bank BRI, Mandiri, BNI mendukung program KUR ini terutama di pertanian kami sudah siapkan 8 klaster yaitu klaster padi, jagung, sawit, tebu, jeruk, tanaman hias, kopi, dan klaster porang sehingga nanti bisa bersinergi dengan program-program yang ada di Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan,” ungkap Erick seperti dikutip Antara.

Erick menyebutkan bank BUMN sudah memberikan pinjaman kepada 6.150 penggilingan padi (rice mill).” Dari total pinjaman ke 6.150 rice mill nilainya Rp 2,7 triliun, kami tentu terbuka dan bisa mengembangkan juga siap mendampingi, seperti yang kami sudah lakukan di rice mill unit di Ciamis dan Kebumen di mana hal itu menjadi kerja sama yang baik antara gapoktan (gabungan kelompok tani) dan Kementerian BUMN,” jelas Erick.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button