Nasional

Banjir Bandang di NTT Belum Perlu Status Bencana Nasional

INDOPOSCO.ID – Pemerintah belum perlu menetapkan status banjir bandang yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai bencana nasional. Status bencana nasional baru akan ditetapkan manakala kegiatan pemerintahan daerah lumpuh total.

“Status darurat bencana nasional manakala pemerintah daerah lumpuh sehingga pusat harus mengambil alih. Sejauh ini kegiatan pemerintahan masih berjalan,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin (5/4/2021)

Saat ini, kata dia, seluruh pemerintah daerah baik kota/kabupaten maupun provinsi masih bisa menangani bencana tersebut.

“Tidak ada satupun pemerintah daerah yang lumpuh. Pengungsi masih dalam batas kemampuan daerah untuk melakukan penanggulangan bencana. Kami tidak perlu usulan bencana nasional,” kata dia.

Kendati demikian, pemerintah pusat melalui BNPB, Kementerian Sosial, hingga Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan memberikan dukungan sejak status tanggap darurat hingga masa pemulihan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button