Nusantara

Bandara Kertajati akan Difungsikan untuk MRO Pesawat

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan layanan penumpang di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka hingga saat ini belum maksimal.

Penyebabnya adalah tidak memadainya akses darat. Karena itu, bandara tersebut akan difungsikan untuk Maintenance, Repair, Overhaul (MRO) atau perawatan pesawat.

“Bandara Kertajati ini belum berfungsi optimal karena Tol Cisumdawu belum selesai. Tapi, telah disampaikan Menteri PUPR bahwa Desember 2021 akan terhubung,” ujar Ridwan Kamil, Selasa (30/3/2021).

Ridwan Kamil menjelaskan, fungsi MRO tidak menghilangkan peran utama bandara tersebut untuk komersialisasi angkutan penumpang dan layanan kargo.

“Bandara Kertajati akan difokuskan juga pada MRO sehingga semua pesawat bisa maintenance di sana,” ujar Ridwan Kamil, Selasa (30/3/2021).

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mengatakan, berdasarkan hasil rapat pada Senin (29/3/2021), Bandara Kertajati disarankan membuka peluang bisnis non penumpang.

“Kita tahu juga bisnis bandara itu tidak hanya penumpang, ada juga kargo dan perawatan. Tadi dibahas agar Kertajati bisnis juga pada nun penumpang, kalau kargo sudah dimulai,” katanya.

Kang Emil mengungkapkan, pihaknya mendapatkan calon pelanggan maskapai untuk komersialisasi MRO.

“Juga saya laporkan ke Pak Presiden ada pihak penerbangan internasional di Asia yang juga berminat membuka MRO maskapainya di Kertajati,” katanya. (dam)

Sponsored Content
Back to top button