Nasional

Balapan Superbike November 2021, Pemerintah Kebut Bypass Bandara Internasional Lombok

INDOPOSCO.ID – Pembangunan Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) ditargetkan selesai pada Oktober 2021. Keberadaan bangunan itu, untuk mendukung konektivitas sirkuit MotoGP di kawasan Mandalika.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginginkan pembangunan bypass sepanjang 17,3 kilometer tersebut rampung sebelum Oktober 2021.

Mengingat perhelatan Kejuaraan Dunia Superbike rencananya diselenggarakan pada November 2021 dan MotoGP pada 2022 mendatang.

“Tadi disampaikan sesuai kontrak selesai Oktober 2021, saya minta tolong betul untuk dapat selesai lebih cepat sebelum Oktober, saya kira September sudah bisa selesai,” kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (2/6/2021).

Bypass Bandara Internasional Lombok itu memiliki lebar 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median. Juga dilengkapi jembatan, overpass dan jembatan penyeberangan orang.

Pembangunan Bypass BIL–Mandalika meningkatkan jaringan jalan pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika-Lombok. Bersumber dari APBN 2020-2021 sekitar Rp814 miliar.

Untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas juga dilengkapi overpass di 11 lokasi, 2 jembatan, dan 3 jembatan penyeberangan orang.

Pembangunan jalan tersebut akan mengurangi waktu tempuh Bandara International Lombok-Mandalika dari semula sekitar setengah jam lewat jalan lama, kini menjadi 15 menit. (dan)

Sponsored Content
Back to top button