Nasional

Baju Adat Baduy dan Kawah Candradimuka di Pidato Kenegaraan

INDOPOSCO.ID – Pagi tadi, Senin, 16 Agustus 2021 Presiden Joko Widodo melangkahkan kakinya di Gedung Nusantara untuk mengikuti Sidang Tahunan MPR RI. Ini kali kedua sidang kenegaraan tersebut terlaksana saat Covid-19 mewabah di Indonesia sejak sekitar satu setengah tahun lalu. Dengan mengenakan baju adat Suku Baduy, Joko Widodo bicara tentang penanganan pandemi, hingga analogi kawah candradimuka.

Satu setengah tahun, Indonesia masih belum terbebas dari Covid-19. Namun, situasi yang belum normal ini juga membawa pelajaran berarti bagi bangsa Indonesia, tak terkecuali adaptasi pemerintah. Kepala Negara mengibaratkan wabah ini sebagai kawah candradimuka yang menguji, mengajarkan, sekaligus mengasah.

Pandemi memberikan beban yang berat yang penuh dengan risiko, dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya. Semua pilar kehidupan diuji dan diasah.

“Ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, dan kecepatan kita, semuanya diuji dan sekaligus diasah,” ujar Presiden mengawali pidato kenegaraannya, Senin (16/8).

Karena pandemi dan situasi yang tidak menentu, masyarakat semakin sering berbagi kepada mereka yang membutuhkan, menunjukkan wajah bangsa Indonesia yang semestinya. Ujian dan asahan menjadi dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.

Covid-19 juga mengajarkan para penyelenggara negara untuk memperbaiki, sekaligus membuka kesempatan untuk mengelola negara di masa krisis. Optimisme menghadapi situasi ini terucap dari Presiden Joko Widodo.

“Itulah proses menjadi bangsa yang tahan banting, yang kokoh, dan yang mampu memenangkan gelanggang pertandingan,” ungkapnya.

Presiden menegaskan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) berkualitas tetap menjadi prioritas meski saat ini konsentrasi masih dalam menangani masalah kesehatan. Infrastruktur di daerah yang sebelumnya sulit terjangkau, masih terus diupayakan untuk kesejahteraan yang lebih merata. Reformasi struktural dalam rangka memperkuat pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tetap menjadi agenda utama.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button