Headline

Azis Syamsuddin Suap Mantan Penyidik KPK Rp3,1 Miliar

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar, Azis Syamsuddin (AZ) secara resmi telah ditetapkan tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Rutan Polres Jakarta Selatan selama 20 hari ke depan.

Azis Syamsuddin diduga telah menyuap mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP) dan advokat Maskur Husain (MH) dengan uang senilai Rp3,1 miliar dari komitmen awal sebesar Rp4 miliar. Pemberian suap ini berkaitan dengan kasus Dana Alokasi Khusus (DAK) di Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017.

Ketua KPK Firli Bahuri yang didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri dan Direktur Penyidikan KPK dalam konferensi pers di Gedung KPK, Sabtu (25/9/2021) dini hari menjelaskan, sekitar Agustus 2020, AZ menghubungi SRP dan meminta tolong mengurus kasus yang melibatkan AZ dan mantan Ketua Pengurus Pusat (PP) Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Aliza Gunado (AG), yang sedang dilakukan penyelidikan oleh KPK.

“Selanjutnya, SRP menghubungi advokat MH untuk ikut mengawal dan mengurus perkara tersebut. Setelah itu MH menyampaikan pada AZ dan AG untuk masing-masing menyiapkan uang sejumlah Rp2 miliar,” ujar Firli.

Firli menjelaskan, SRP juga menyampaikan langsung kepada AZ terkait permintaan sejumlah uang dimaksud dan kemudian disetujui oleh AZ.

“Setelah itu MH diduga meminta uang muka terlebih dahulu sejumlah Rp300 juta kepada AZ. Untuk teknis pemberian uang dari AZ dilakukan melalui transfer rekening bank dengan menggunakan rekening bank milik MH. Selanjutnya SRP menyerahkan nomor rekening bank dimaksud kepada AZ,” kata Firli.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button