Gaya Hidup

Ayo Kenali Gejala Stres pada Anak Sedini Mungkin

INDOPOSCO.ID – Anak tidak seperti orang dewasa yang dapat mengungkapkan perasaannya dengan mudah. Sehingga gejala stres pada anak sering diabaikan. Pernyataan tersebut diungkapkan Psikolog klinis anak dan keluarga dari Halodoc Samanta Elsener dalam acara daring, Sabtu (24/7/2021).

Karena itu, lanjut dia, orangtua harus peka terhadap perubahan perilaku anak. Dengan melihat dari setiap perubahan perilaku anak.

Ia menyebut, gelaja umum yang menunjukkan anak mengalami gangguan kesehatan mental di antaranya adalah emosi naik-turun, tidak mau sekolah, demotivasi hingga pola tidur berubah.

“Peran orangtua harus memastikan kebutuhan anak bisa terpenuhi dan emosinya tersalurkan. Kemudian orangtua juga harus bisa berkomunikasi dengan anak dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami,” katanya.

Beberapa gejala lain, masih ujar dia, saat anak mengalami gangguan kesehatan mental seperti mulai ngompol padahal sudah lulus toilet training dan tidur berjalan atau sleep walking.

“Ada juga kondisi-kondisi yang sebabkan anak banting-banting barang, biasanya enggak pernah,” ucapnya.

Ia meminta orangtua untuk melakukan konsultasi ke psikolog atau psikiater. Apabila muncul beberapa gejala tersebut dialami anak. (nas)

Sponsored Content
Back to top button