Nasional

Awas Kampus Bodong! Calon Mahasiswa Bisa Pilih PT Lewat Pindai Dikti

INDOPOSCO.ID – Pemerintah terus meningkatkan transparansi tata kelola perguruan tinggi di Indonesia. Papan informasi dan data institusi pendidikan tinggi (Pindai Dikti) disajikan dalam bentuk profil, capaian mutu hingga kinerja perguruan tinggi (PT).

“Ini bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat,” ujar Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemdikbud dan Ristek) Prof Nizam secara daring, Rabu (2/6/2021).

Dia mengatakan, data PT sangat besar, baik secara mikro maupun makro. Di dalamnya kaya dengan informasi dan managemen PT.

“Data besar hanya kumpulan tanpa ada makna, dengan dikelola menjadi informasi bisa menjadi pangkalan data,” katanya.

Menurut Nizam, pengelolaan data informasi PT bermanfaat dalam menentukan pengambilan keputusan terkait pendidikan tinggi (Dikti) hingga peningkatan mutu PT.

“Pindai Dikti bentuk informasinya lebih mudah dibaca dan dipahami. Dan informasi ini bisa diakses oleh masyarakat umum,” jelasnya.

Ia menjelaskan, informasi dari Pindai Dikti bisa memberikan informasi luas bagi calon mahasiswa dalam memilih PT atau program studi (Prodi). Baik dari sisi mutu hingga capaian PT.

“Calon mahasiswa juga bisa mengetahui rasio dosen dari PT. Karena dosen sangat menentukan dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan,” terangnya.

Nizam berharap dengan Pindai Dikti peningkatan mutu PT terus meningkat secara berkelanjutan. Tujuannya tentu dengan semangat berbagi dan gotong royong.

“Area PT yang lemah bisa bekerjsa dengan PT yang kuat di area tesebut. Dan kami berharap perguruan tinggi swasta (PTS) bisa turut dalam 8 indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi negeri (PTN),” ungkapnya.
(nas)

Sponsored Content
Back to top button