Internasional

Austria Larang Warga Inggris Masuk Negaranya

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan Austria melarang penerbangan langsung dan kunjungan turis dari Inggris terkait penyebaran virus corona varian India di negara itu. Inggris masuk dalam daftar “negara-negara dengan varian baru virus corona” yang dicekal Austria.

Sebelumnya sudah ada Brasil, India, dan Afrika Selatan. Kedatangan dari negara-negara itu hanya diperbolehkan dalam sejumlah kasus.

“Pada dasarnya, hanya warga negara Austria dan orang-orang yang bertempat tinggal atau biasa tinggal di Austria yang boleh memasuki negara itu,” kata Kementerian Kesehatan Austria seperti dikutip Antara, Selasa (25/5/2021).

Dalam pernyataannya, Kementerian Kesehatan Austria menyebutkan bahwa izin masuk dapat diberikan atas dasar kemanusiaan atau untuk kunjungan demi kepentingan nasional. Sementara aturan imigrasi Austria untuk larangan masuk atau kunjungan turis dari Inggris itu mulai berlaku pada Selasa (25/5/2021), larangan penerbangan langsung akan mulai berlaku pada 1 Juni.

Pernyataan larangan yang disampaikan kementerian kesehatan Austria tersebut secara khusus merujuk pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Kesehatan Masyarakat Inggris, yang mengklasifikasikan virus corona varian B.1.617.2 yang pertama kali ditemukan di India sebagai “varian yang menjadi perhatian”.

Infeksi virus corona di Inggris telah meningkat tetapi kasus secara keseluruhan masih rendah, dan jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit turun pekan lalu ke tingkat terendah sejak September. Namun, klaster infeksi corona varian B.1.617.2 tumbuh dengan cepat. Langkah Austria itu mengikuti langkah serupa yang dilakukan oleh Jerman.

Pada Jumat (21/5), Jerman mendeklarasikan Inggris sebagai wilayah dengan varian virus corona yang menjadi perhatian. Austria memiliki sejumlah kecil kasus infeksi virus corona varian India, dan kasus Covid-19 secara keseluruhan telah menurun. (wib)

Sponsored Content
Back to top button