Gaya Hidup

Aurora Nia Holm Masuk Dalam Daftar 100 Pengacara Terbaik Indonesia

INDOPOSCO.ID – Pada tahun 2020 ‘Asia Business Law Journal’ melakukan riset mengenai Indonesia’s top 100 lawyers. Untuk dapat masuk ke dalam pengacara A-List Indonesia, seseorang tidak hanya perlu memiliki pengetahuan hukum yang mendalam, tetapi juga harus menjadi seorang pengacara yang responsif, menawarkan layanan pelanggan terbaik, dan memberikan nasihat bisnis yang efektif.

Kualitas tersebut sangat penting untuk membantu klien tetap mendapat informasi tentang hukum negara yang kompleks.

Meski sering dikaitkan dengan pekerjaan pria, ternyata Indonesia memiliki pengacara wanita yang sukses dan masih muda. A-List pengacara perempuan terkemuka di Indonesia, salah satunya Aurora Nia Holm, co-founder Kyora Law Firm, dengan keahlian luas di bidang hukum perusahaan di Indonesia dan Singapura, khususnya di industri teknologi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Aurora telah berpengalaman mengerjakan berbagai layanan hukum termasuk menangani merger dan akuisisi, usaha patungan, pembiayaan, pasar modal, dan kasus investasi asing. Ia juga menangani sejumlah transaksi lintas batas di Asia Tenggara dan telah membantu sejumlah startup dan pelaku industri teknologi di tanah air.

“Menjadi pengacara merupakan pekerjaan yang menantang karena pengacara profesional selalu dituntut untuk memberikan solusi terbaik bagi kliennya. Untuk menjadi pengacara yang luar biasa, Anda juga perlu memahami masalah klien, dan menjadi orang yang dapat diandalkan dan dipercaya,” ujar Aurora Holm.

Pengalaman Aurora yang paling menonjol termasuk keterlibatannya dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dalam mengembangkan kerangka hukum dan peta jalan perdagangan elektronik (e-commerce) negara. Ia juga pernah bekerja dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Saya berharap dengan penghargaan seperti Indonesia’s Top 100 Lawyers ini dapat terus menambah semangat para advokat Indonesia untuk dapat memberikan solusi terbaik bagi kliennya. Selain itu, saya juga berharap di masa depan akan lebih banyak lagi advokat perempuan muda yang energik serta memiliki wawasan hukum yang luas, khususnya di industri teknologi,” katanya.

Aurora termasuk di antara A-List Indonesia’s Top 100 Lawyers tahun 2018, menjadikannya salah satu pengacara perempuan termuda yang diakui dalam daftar bergengsi ini. Pada tahun 2020, dia berhasil masuk ke daftar yang sama untuk kedua kalinya. Hingga sekarang, ia kembali masuk ke daftar yang sama untuk ketiga kalinya.

Tentang Indonesia’s Top 100 Lawyers

A-List adalah daftar pengacara berdasarkan riset yang dilakukan oleh Asia Business Law Journal. Untuk mengidentifikasi 100 pengacara terbaik di Indonesia, Asia Business Law Journal menghubungi ribuan penasihat hukum internal di Indonesia dan di seluruh dunia serta mitra di firma hukum internasional dan meminta mereka untuk memberi tahu kami pengacara mana yang harus lolos. Daftar terakhir mencerminkan nominasi yang diterima dikombinasikan dengan tim editorial Asia Business Law Journal yang berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam mendokumentasikan dan menganalisis pasar hukum Indonesia.

Aurora Nia Holm.termasuk Indonesia’s Top 100 lawyers dari Asia Business Law Journal di tahun 2018 dan 2020, 2021. Dia juga terlibat, membantu pemerintah Indonesia di Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak untuk UU perlindungan anak dan perempuan dan di Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk roadmap UU ITE.

Dan banyak membantu perusahaan teknologi asing masuk ke Indonesia seperti Lazada, Zalora, Termasuk pernah bantu Kemenkominfo juga utk UU ITE. Jadi dia termasuk pengacara perempuan yg berfokus ke bidang teknologi. Dan ini masih jarang. Karena sekarang dia berfokus ke teknologi, jadi lebih banyak fokus membantu perusahaan startups dan teknologi dan pernah membantu juga untuk draft UU Kementerian Perlindungan dan Anak.

Profile Aurora

Aurora Holm adalah seorang pengacara profesional yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. Saat ini dirinya menjabat sebagai managing partner sekaligus co-founder di Kyora Law Firm.

Dalam beberapa tahun terakhir, Aurora telah berpengalaman mengerjakan berbagai layanan hukum termasuk menangani merger dan akuisisi, usaha patungan, pembiayaan, pasar modal, dan kasus investasi asing. Ia juga menangani sejumlah transaksi lintas batas di Asia Tenggara.

Wanita yang menyukai warna biru ini juga memiliki hobi yang terbilang menantang seperti hiking, surfing, freediving, dan boxing. Sebelum memulai karir di Kyora, dirinya memutuskan untuk berlibur selama dua bulan dan menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk mendaki gunung sendirian di Eropa, Indonesia, Nepal, dan juga kutub utara untuk ekspedisi kayak.

Sekarang setelah memiliki satu anak dan menjalankan firma hukum Kyora yang semakin besar, dirinya memiliki lebih banyak orang yang mendukung perusahaan, sehingga Aurora dapat memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri serta keluarga.

Menjadi seorang mompreneur yang masih aktif sebagai pengacara tentu perlu memiliki manajemen waktu yang sangat baik antara pekerjaan dan keluarga. Bahkan, ketika putranya baru lahir, sangat sulit untuk menyelesaikan hal pribadinya. Namun, berkomunikasi dengan suami menjadi solusi untuk mengasuh dan mendidik anaknya sehingga dirinya sekarang sudah tidak lagi kesulitan dalam hal membagi waktu antara kerja, keluarga, dan me time dirinya dengan alam.

Di samping itu, menurutnya menjadi seorang mompreneur juga memiliki tantangan terutama dalam hal kontrol emosi. Kehamilan, melahirkan dan membesarkan anak adalah hal yang paling berharga sekaligus menantang dalam hidup Aurora.

Sebagai pengacara, hampir setiap saat Anda diharapkan dapat memberikan solusi untuk semua spektrum masalah yang luas, dan sangat rasional. Sulit untuk memisahkan dua sisi kehidupan, tetapi sekarang Aurora menyadari bahwa menjadi ibu memberi dirinya lebih banyak empati daripada keterampilan penting bagi seorang pengacara.

Aurora mengidolakan Michelle Obama yang sangat terbuka dengan tantangannya sebagai ibu yang bekerja. Menurutnya, kita perlu memulai percakapan tentang “it is ok not being strong all the time”. Ibunya juga merupakan sosok inspirasi karena sebagai seorang wanita dia adalah Ibu yang sangat berkomitmen untuk memastikan dirinya memiliki pendidikan yang baik di sekolah dan di rumah. Selain itu, menurutnya semua Ibu yang bekerja yang ia kenal juga selalu menginspirasinya dengan cara yang berbeda.

Memikirkan matang-matang dan persiapan hidup di masa yang akan datang memang penting. Namun, kita sering merasa tidak siap menghadapi hal yang paling menantang sekaligus menarik dalam hidup.

“Sometimes we just need to wing it,” dan “don’t take yourself too seriously” ialah motto hidup yang selalu ia pegang teguh. Menurutnya, dia dapat merasa lebih santai dan lebih jujur pada dirinya sendiri ketika kita mengakui kelemahan dan membaginya dengan orang lain.

Dia berbagi energi positif dengan mengatakan setiap wanita pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, untuk memberikan yang terbaik bagi anak, kita perlu bahagia dan sehat.

“Temukan kebahagiaan Anda sendiri, jaga kesehatan fisik dan mental Anda. Bagikan kebahagiaan Anda dengan anak Anda. Mereka akan melihat ibu yang bahagia dan suka bermain yang senang bermain dengan mereka karena menurutnya bermain adalah bentuk cinta yang paling indah,” katanya. (ibs)

Sponsored Content
Back to top button